Terdapat
beberapa perubahan mendasar dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013
Yaitu
- Penataan Pola Pikir
- Pendalaman dan Perluasan Materi
- Penguatan Proses
- Penyesuaian Beban
- Standa Kompetensi Lulusan
- Standar Isi
- Standar Poses
- Standar Penilaian
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi
pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.
Pendekatan ilmiah (scientific
appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati,
menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah,
yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses hasil belajar
menggunakan Penilaian autentik
(Authentic Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta
didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Kesimpulan
: secara konseptual, kurikulum 2013 jelas ada perubahan signifikan.
Perubahan itu tentunya dimaksudkan untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih
baik. Tapi Sejujurnya, pemahaman akan kurikulum 2013 bagi guru, masih sangatlah
kurang. Tidaklah cukup dalam waktu yang singkat sabagai salah satu materi
Diklat Online. Meskupun begitu, adanya materi kurikulum 2013 pada diklat online
yang dilaksanakan oleh P4tk Matematika Yogyakarta, membuat guru yang tadinya
tidak tahu sama sekali dengan kurikulum 2013, akan menjadi tahu. Dan bagi yang
sudah tahu bahkan sudah mengikuti diklat khusus, dapat membagi pengalaman dan
pengetahuannya, serta saling berbagi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar