TEST CALON KEPALA SEKOLAH DI
KABUPATEN BOGOR
Untuk mengikuti test Calon Kepala
Sekolah SD di Kabupaten Bogor pada era tahun 2012 ini ada sebuah
perubahan besar yang patut diapresiasi. Perubahan itu terutama dalam test
penulisan makalah tema kepemimpinan yang dulu bisa disiapkan di rumah, kemdian dipresentasikan
melalui penyajian power point, kini diubah tata caranya. Para calon kepala
sekolah wajib menulis langsung makal tema kepemimpinannya di ruangan test dalam
batas waktu yang sudah ditentukan oleh panitia tes. Makalah tersebut harus
ditulis tangan di kertas polio bergaris dengan tulisan cetak. Tidak
tanggung-tanggung, jumlah halaman minimalnya adalah 8 halam.
Langkah ini mengindikasikan bahwa setiap guru dan kepala sekolah SD wajib memiliki kemampuan menyampaikan idea, pendapat, dan gagasan ilmiahnya dalam bentuk tulisan. Guru wajib mengusai cara-cara menyampaikan idea, pendapat, dan gagasannya melalui tulisan. Guru dan menulis sudah selayaknya menjadi dua sisi mata uang logam yang tidak dapat dipisahkan.
Berikut penulis berhasil mendapatkan copy petunjuk materi
tes Calon Kepala Sekolah SD mengenai petunjuk penulisan makalah kepemimpinan.
PETUNJUK PENULISAN MAKALAH
KEPEMIMPINAN
(untuk Peserta Tes Calon
Kepala Sekolah SD)
A. KETENTUAN
1. Tema
Tema besar yang diangkat dalam
menulis makalah ini adalah kepemimpinan Sekolah/Madrasah.
2. Isi Makalah
Makalah kepemimpinan yang dituliskan
memuat:
- Pemikiran saya tentang keterampilan kepemimpinan efektif. Di dalam bagian ini, calon kepalas sekolah menuliskan pandangan/pemikirannya tentang keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Keterampilan ini meliputi keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan (4M) sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).
- Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4 M yang telah saya lakukan di sekolah/madrasah. Di dalam bagian ini, para calon kepala sekolah menilai diri sendiri terkait dengan keterampilannya dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan sumber daya pendidikan (daya dukung sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah. Penilaian diri sendiri ini harus didukung oleh uraian pengalaman kepemimpinannya yang dapat digali dari penerapan tugas pokok dan tambahan saya di sekolah/madrasah, yang meliputi: pengalamannya ketika menjadi Pemimpin Pembelajaran (Guru), Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, Pembina OSIS, Penanggung-jawab Ekstrakurikuler lainnya, Ketua Jurusan, Ketua Program, Wali Kelas, Koordinator Penerimaan Siswa baru, Ketua Laboratorium, Koordinator suatu kegiatan, dan lain-lain.
- Rencana tindakan kepemimpinan calon kepala sekolah/madrasah.
·
Di dalam bagian
ini, para calon kepala sekolah harus menuliskan rencana tindakan
kepemimpinan yang didasarkan pada hasil penilaian terhadap diri calon kepala sekolah yang telah dilakukan di bagian sebelumnya. Misalnya, jika
dia merasa masih kurang di dalam
keterampilan mempengaruhi orang, bagaimana cara dia meningkatkan keterampilan ini? Cara
peningkatan keterampilan ini harus dituangkan ke dalam rencana tindakan bagian
pertama, yang memuat: rencana program, alasan pemilihan program, dan
langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
· Selain rencana tindakan bagian pertama,
para calon kepala sekolah juga harus merumuskan rencana tindakan
bagian kedua. Untuk membuat rencana tindakan kedua ini, pertama-tama saya harus
‘melihat’ dan menceritakan kondisi sekolah/madrasah tempat saya bertugas
sekarang. Jika dia menjadi pemimpin di sekolah/madrasah
ini, apa yang akan dia lakukan untuk meningkatkan kualitas
sekolah/madrasah ini? Apa yang akan dia lakukan ini harus dituangkan dalam
rencana tindakan bagian kedua yang memuat: rencana program, alasan pemilihan
program, dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
B. ATURAN PENULISAN
1.
Waktu dan Tempat
a. Waktu yang dialokasikan dalam penulisan makalah kepemimpinan
adalah 5 x 45 menit.
b. Penulisan makalah dilakukan di tempat seleksi.
2.
Rambu-rambu
Penulisan
a.
Makalah ditulis tangan dengan rapi
menggunakan ballpoint dengan warna
tinta biru.
b.
Penulisan dilakukan pada kertas
folio bergaris yang
telah distempel oleh panitia.
c.
Jumlah tulisan minimal empat halaman
folio tanpa spasi
(jika menggunakan spasi, tulisan terdiri dari delapan halaman folio).
d.
Makalah ditulis
dengan tulisan yang rapi dan huruf cetak (bukan bersambung)
3.
Buku
sumber atau referensi
Peserta TIDAK diperbolehkan membawa berbagai
buku sumber atau referensi.
C. KRITERIA PENILAIAN
Calon kepala sekolah/madrasah dinilai dari tulisan yang berupa makalah tentang Kepemimpinan Sekolah/Madrasah yang memuat tiga komponen, yaitu:
- pemikiran calon tentang keterampilan kepemimpinan 4M dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah.
- penilaian diri calon terhadap penerapan 4M yang telah dilakukannya di sekolah/madrasah.
- rencana tindakan kepemimpinan calon kepala sekolah/madrasah.
Setiap komponen pernyataan
akan dinilai dan dikelompokkan dalam kategori: Sangat Memuaskan, Memuaskan, atau Kurang Memuaskan. Penilaian dilakukan dengan merujuk pada Rubrik Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar